Anda belum puas dengan kumpulan contoh surat lamaran yang telah ada sebelumnya? Cobalah tengok kumpulan yang ini dan jadikan salah satunya sebagai referensi.

 

Dalam kehidupan sehari-hari, melamar sebuah pekerjaan adalah hal yang lumrah. Kegiatan ini dilakukan oleh pelamar yang merupakan fresh graduate ataupun pelamar yang bosan dengan pekerjaan lama. Keadaan inilah yang membuat pelamar berlomba menemukan kumpulan contoh surat lamaran kerja (). Dari kumpulan inilah dipilih salah satu contoh surat yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi. Namun apakah semua kumpulan tersebut, sudah pasti memberikan contoh yang tepat?

 

Untuk menemukan contoh yang tepat anda harus melakukannya dengan hati-hati. Kemudian pilihlah contoh yang memiliki kemiripan dengan lowongan yang akan dilamar. Namun sebelum itu semua, penting bagi pelamar untuk memahami makna surat lamaran kerja yang sebenarnya. Untuk itu, pada kesempatan ini akan disampaikan makna dan bagian-bagian dalam sebuah surat lamaran. Agar tidak ada kesalahan dalam penulisan surat yang ditujukan pada perusahaan.

 

Surat Lamaran Kerja

 

Surat lamaran kerja dapat ditujukan pada seluruh pihak yang menyediakan lowongan pekerjaan. Isinya adalah permohonan kepada instansi agar dapat menempati salah satu posisi yang ada pada perusahaan. Surat dibuat dengan bahasa formal dan baku, karena tergolong sebagai surat resmi. Dalam penulisannya, surat lamaran kerja memiliki tiga bagian.

 

Pertama, bagian pembuka yang berisi tanggal penyusunan surat. Kemudian tambahkan pula salam hormat dan alamat penyedia lapangan kerja. bagian kedua berisi identitas dari pelamar kerja, anda juga perlu memasukkan lampiran berkas hingga maksud dan tujuan surat. Terakhir, bagian penutup yang berisi ucapan terima kasih atas perhatian dari setiap pembaca surat.

 

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja

 

Pada bagian ini akan disampaikan dua buah surat lamaran kerja yang dapat dijadikan contoh. Pertama surat lamaran untuk instansi dan kedua surat lamaran untuk bank.

 

  1. Surat Lamaran Kerja Instansi

 

Pekalongan, 13 Maret 2018

Perihal : Lamaran Kerja

 

 

Yth. Menteri Komunikasi dan Informasi

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                    : Markus Haris

Tempat Tanggal Lahir     : Tegal, 14 April 1979

Pendidikan Terakhir        : S1 Ilmu Komunikasi

Alamat                                  : Jl. Swadaya No. 44, Pekalongan

No. Telpon                          : 0222222225555

Wilayah Pendaftaran      : Pekalongan

Jabatan yang Dilamar     : Analis Pertama

 

Bersama dengan surat lamaran kerja ini, saya berkeinginan untuk mengikuti seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementrian Komunikasi dan Informasi tahun 2018. Sebagai bahan pertimbangan bapak, berikut saya lampirkan berkas-berkasa yang dapat mendukung kualifikasi saya, seperti berikut ini:

 

  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi Ijazah
  3. Fotokopi Transkrip
  4. Fotokopi Kartu Keluarga
  5. Fotokopi SKCK

 

Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya ajukan. Besar harapan saya, untuk dapat diberi kesempatan menjadi Pegawai Negeri Sipil. Atas perhatian bapak, saya sampaikan terima kasih.

 

 

Hormat saya,

 

 

 

Markus Haris

 

  1. Surat Lamaran Kerja di Bank (heading h3)

 

Kudus, 15 September 2017

Hal          : Lamaran Kerja

 

Kepada Yth,

HRD Bank Makmur Selalu

Bandar Lampung

 

Salam hormat,

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

 

Nama                                    : Marc Matuis

Tempat Tanggal Lahir     : Kudus, 12 September 1990

Alamat                                  : Jl. Panjang No. 009 Rt 07/06

No. Telpon                          : 021546633

Pendidikan Terakhir        : S1 Ilmu Akuntasi

 

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang terdapat pada surat kabar Merdeka tanggal 13 September 2017. Saya bermaksud mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada bapak pimpinan untuk diterima sebagai staff akuntasi di perusahaan yang bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas terkait:

 

  1. Fotokopi SKCK
  2. Fotokopi Ijazah Terbaru
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Transkrip Nilai
  5. Pas foto terbaru ukuran 4×6

 

Demikian untuk menjadi pertimbangan bapak pimpinan dalam menerima saya pada lowongan tersebut. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang bapak pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

 

Marc Matuis

 

Dua contoh di atas dapat anda pilih salah satunya sebagai referensi atau bahan ajar. Jika telah memahami cara membuatnya, buatlah kumpulan contoh surat lamaran kerja milik pribadi. Kemudian manfaatkan dan bagikan pada orang-orang terdekat. Jadi, ilmu yang dimiliki tidak sia-sia dan dapat dimanfaatkan kembali oleh orang banyak.