7 Tips Memilih Model Kacamata Riding yang Tepat

Menggunakan kacamata saat berkendara bukan hanya sekedar masalah gaya. Faktanya model kacamata riding yang tepat, selain membuat pemakainya terlihat keren, juga memberi rasa nyaman dan juga dapat berfungsi untuk perlindungan.

Saat ini, berbagai jenis dan bentuk kacamata riding bisa kamu pilih di pasaran. Tapi memilih yang terbaik pastinya bukanlah hal yang mudah. Banyak kriteria yang wajib kamu tahu sebelum memutuskan membelinya. Ingin tahu apa saja kriteria kacamata riding terbaik dan tips memilihnya? Yuk cari tahu di bawah ini.

Tips Memilih Model Kacamata Riding Terbaik

1. Pilih Lensa yang Tidak Mudah Berembun

Sebaiknya pilih kacamata riding yang tak mudah berembun karena ketika berkendara motor biasanya kamu juga akan menggunakan masker. Penggunaan masker tersebut biasanya akan menyebabkan kacamata cepat berembun. Pemilihan lensa yang tidak mudah berembun akan membuat kamu semakin nyaman dan tidak mengganggu pandangan ketika berkendara. Kamu juga bisa memilih lensa polarized yang memiliki efek mengurangi silau ke mata.

2. Gunakan Lensa Kacamata yang Bisa Bertransisi

Pilihlah kacamata riding yang bisa kamu gunakan ketika berkendara di siang hari maupun malam hari. Kacamata bertransisi biasanya menggunakan lensa yang mampu menyesuaikan cahaya. Hal ini akan membuat kamu tetap bisa melihat dengan jelas meskipun memakai kacamata baik ketika silau atau kondisi gelap. Jika kamu belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk memilih lensa bertransisi, kamu bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan pihak optik atau penjual kacamata.

3. Pastikan Kacamata Dilapisi Penghalang Sinar UV

Jangan lupa bahwa kita tinggal di Indonesia, negara dengan sinar matahari yang melimpah. Di Indonesia, matahari bersinar hampir sepanjang hari. Terlebih, paparan sinar ultraviolet atau UV secara terus menerus dapat mengganggu kesehatan mata. Mata akan terasa perih, berair, bahkan mengalami photokeratitis atau mata terbakar.

Untuk itu, kamu perlu mengenakan kacamata ketika akan mengendarai motor. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kacamata hitam dapat menghalau sinar UV. Jadi, pastikan memilih kacamata motor dengan fungsi penghalang UV untuk mengurangi sinar matahari yang mengenai mata.

4. Pilih Warna Kacamata yang Tepat

Kacamata riding biasanya dipilih yang berwarna gelap agar bisa dipakai untuk menangkal sinar matahari. Perlu kamu ketahui bahwa warna lensa yang kamu pilih nantinya akan berpengaruh pada kenyamanan ketika memakainya. Jika bingung memilih warna lensa kacamata riding, kamu bisa memilih lensa warna tembaga karena dapat memberikan kontras serta dapat mempertajam warna yang kamu lihat. Lensa warna tembaga akan membantu untuk dapat melihat objek secara lebih jelas meskipun dalam kondisi yang gelap.

Baca Juga: Butuh Rekomendasi Model Kacamata untuk Riding? Cek Di Sini!

5. Tentukan Frame yang Sesuai Dengan Bentuk Wajah

Poin penting yang perlu kamu perhatikan saat memilih model kacamata motor adalah memilih bentuk dan ukuran frame yang sesuai dengan wajah. Untuk wajah bulat, pilih frame berbentuk persegi agar terlihat lebih proporsional. Sebaliknya, pemilik wajah persegi sebaiknya memilih frame berbentuk bulat untuk menyeimbangkan bentuk wajah.

Mencocokkan bentuk dan ukuran frame dengan wajah tidak sulit jika kamu membeli secara langsung. Namun, jika kamu membelinya secara online ada tips memilih frame kacamata yang harus kamu tahu.

  • Untuk ukuran, mintalah penjual memotret kacamata dari depan dan tanyakan ukuran lengkapnya, mulai dari lebar, tinggi, hingga bridge.
  • Selanjutnya, buatlah sketsa kacamata di atas karton sesuai foto dan ukuran yang diinfokan penjual.
  • Terakhir, sesuaikan ukuran dan bentuk sketsa kacamata dengan wajah kamu.

6. Mampu Menahan Angin

Dalam memilih kacamata riding sebaiknya pilih kacamata yang mampu menahan angin. Ketika berkendara pasti banyak angin yang berhembus dan bisa membuat mata menjadi berair. Dengan memakai kacamata yang aman, maka Anda akan semakin nyaman berkendara terutama dalam jarak yang cukup jauh. Jadi jangan sampai lupa memakai kacamata sebagai perlengkapan keamanan ketika berkendara motor.

7. Sesuaikan Dengan Gayamu

Setiap orang memiliki gaya dan selera yang berbeda. Selain faktor aman dan nyaman, penggunaan kacamata riding juga harus memenuhi kriteria gaya yang menjadi ciri khas penggunanya. Oleh karena itu, memilih model kacamata yang cocok, serta dapat membuatmu percaya diri dan merasa nyaman ketika menggunakannya.

Kebanyakan orang tidak khawatir membeli kacamata dengan harga yang cukup mahal, jika dengan harga yang ditawarkan, pembeli mendapatkan kualitas barang yang sesuai dengan uang yang telah dikeluarkan. Dapatkan kacamata untuk naik motor dan perlengkapan riding lainnya hanya di website Eiger Adventure Official. Kualitas produk Eiger tentu tidak perlu diragukan lagi. Soal harga, berani bersaing, deh!