Kesadaran finansial mulai dipahami beragam kalangan termasuk generasi muda. Harapan akan masa depan finansial lebih baik menjadi pendorong tingginya minat investasi. Namun penting untuk memilih jenis investasi yang tepat agar mendapat keuntungan maksimal. Untuk memilih yang tepat tentu kamu harus memahami setiap instrumen yang ditawarkan lembaga keuangan.

Berikut instrumen investasi untuk kamu pahami sebelum menentukan kemana dana kamu akan ditanamkan.

  • Saham

Saham merupakan jenis investasi penyertaan modal berupa surat berharga dari badan usaha atau perusahaan. Saham bisa didapat dari perusahaan yang  terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Instrumen investasi ini termasuk investasi jangka panjang dengan keuntungan besar dan juga berisiko tinggi. Keuntungan diberikan berupa deviden atau keuntungan

Saham digolongkan sebagai salah satu produk pasar modal sekaligus salah satu instrumen investasi jangka panjang. Namun saham juga dapat diperjualbelikan sehingga tidak butuh waktu lama jika terpaksa membutuhkan dana. Akan tetapi penting memahami kondisi pasar jual beli saham agar mendapat keuntungan maksimal.

  • Obligasi

Investasi berikutnya adalah obligasi berupa surat utang yang bisa didapat di pasar perdana jua diperjualbelikan kembali di pasar sekunder. Surat utang ini diterbitkan oleh pemerintah maupun korporasi. Obligasi menawarkan keuntungan berupa pengembalian nilai pokok investasi dan kupon atau bunga. Keuntungan obligasi berupa nilai kupon yang diterima tergantung dengan kesepakatan di awal.

Namun sebagaimana instrumen investasi tentu ada risiko kerugian yang membayangi. Risiko kerugian obligasi berupa gagal bayar karena kebangkrutan yang membuatnya tidak dapat mengembalikan pokok dan kupon obligasi. Kamu dapat menghindari risiko ini dengan memilih obligasi ritel Indonesia yang merupakan obligasi terbitan pemerintah. Obligasi terbitan pemerintah lebih aman karena dijamin undang-undang negara.

  • Emas

Investasi emas termasuk jenis investasi yang diminati sebab risiko kerugian yang cukup rendah bahkan hampir tidak mungkin merugi. Harga emas selalu mengalami kenaikan bahkan di tengah kondisi ekonomi yang buruk sekalipun. Jenis emas investasi berupa emas batangan yang lebih cocok sebagai instrumen investasi. Selain itu emas lebih mudah diperjual belikan dibandingkan surat berharga.

Meski demikian bukan berarti emas sama sekali tidak memiliki risiko kerugian, bisa karena penyimpanan yang memunculkan risiko kerusakan hingga kehilangan. Namun demikian, kamu dapat mengatasinya dengan memilih penyimpanan emas pada safe deposit box dengan biaya sewa.

  • Deposito

Deposito merupakan tabungan berjangka yang menawarkan keuntungan berupa bunga simpanan lebih besar dibandingkan tabungan konvensional. Instrumen deposito ini cenderung minim risiko namun demikian keuntungannya juga lebih rendah dibandingkan investasi tinggi risiko sebelumnya.

Jenis investasi ini cocok untuk pemula sebab tidak perlu memikirkan beragam strategi keuangan. Kamu cukup menyimpan dana dalam tabungan deposito yang disediakan lembaga perbankan. Pilih tenor atau jangka waktu yang dapat disesuaikan, maka kamu tinggal menunggu jangka waktu untuk pencairan dana beserta bunganya. Namun kamu juga bisa memperpanjang otomatis jika tidak membutuhkan uang.

Beli Obligasi Ritel Indonesia di digibank by DBS

Kini pembelian surat berharga berupa obligasi ritel Indonesia dapat dibeli dengan mudah, bahkan tidak perlu keluar rumah juga bisa dilakukan. Terutama jika kamu nasabah digibank by DBS, yang bisa melakukan beragam transaksi lewat satu aplikasi yakni Aplikasi digibank by DBS. Selain mudah, kamu bisa mendapat keuntungan dengan membeli obligasi di digibank by DBS, penasaran? Berikut beragam keuntungan tersebut:

  • Nikmati layanan 24 jam melalui Aplikasi digibank by DBS, jadi tidak perlu repot datang ke kantor cabang
  • Pendapatan tetap dari pembayaran Kupon/ Imbal hasil, jadi lebih menguntungkan
  • Jumlah investasi terjangkau mulai dari Rp 1 juta
  • Tergolong investasi rendah risiko dengan keuntungan lebih tinggi dari Deposito

Dapatkan obligasi ritel Indonesia lewat Aplikasi digibank by DBS untuk mendapat beragam keuntungan. Pastikan kamu telah memiliki tabungan digibank dan telah menginstal aplikasi digibank pada smartphone. Ikuti langkah berikut ini:

  • Pertama login ke Aplikasi digibank by DBS kamu,
  • Cari pilihan “Obligasi” dan klik, lalu cek ketersediaan produk.
  • Jika produk yang diinginkan tersedia, selanjutnya kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan seputar pengetahuan profil risiko dan membuat nomor SID. Kamu bisa keluar aplikasi terlebih
  • Jika nomor SID sudah dibuat, kamu akan menerima notifikasi pada email yang terdaftar.
  • Setelah registrasi SID berhasil, masuk lagi ke aplikasi digibank untuk melihat pilihan produk yang tersedia di bagian bawah menu “Obligasi” maka proses pendaftaran sudah selesai.

Mudah bukan? Dengan layanan online menggunakan Aplikasi digibank by DBS kamu bahkan dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja 24 jam. Keuntungan lain, kamu tidak dikenai biaya pembelian SBN alias gratis untuk pembelian dari Aplikasi digibank by DBS. Jika belum punya rekening digibank, segera buka sekarang juga.