Cara Membuat Pola pada Aplikasi WhatsApp

Hello Sobat kabar-kabari! Apakah kamu pernah merasa khawatir jika teman atau saudara melihat pesan di aplikasi WhatsApp kamu? Salah satu cara untuk mengamankan akun WhatsApp kamu adalah dengan membuat pola untuk membuka aplikasi. Pola ini akan membuat akun kamu lebih aman dan tidak mudah diakses oleh orang lain. Bagaimana cara membuatnya? Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi WhatsApp Kamu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp kamu. Setelah itu, masuk ke menu pengaturan dengan menekan tombol titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian, pilih menu “Privasi” dan pilih “Pola” pada bagian “Kunci aplikasi”.

2. Buat Pola

Setelah memilih “Pola”, kamu akan diminta untuk membuat pola baru. Pilih “Buat pola baru” dan ikuti petunjuk yang ada. Kamu dapat membuat pola dengan menghubungkan titik pada layar. Pastikan kamu mengingat pola yang kamu buat dan jangan berikan informasi pola tersebut pada orang lain.

3. Aktifkan Pola

Setelah membuat pola, kamu harus mengaktifkannya agar dapat digunakan untuk membuka aplikasi WhatsApp. Pilih menu “Pola” dan masukkan pola yang kamu buat sebelumnya. Setelah berhasil, pola tersebut akan terlihat di layar. Kamu dapat mengubah atau menghapus pola kapan saja dengan memilih opsi yang tersedia.

4. Mengganti Pola

Jika kamu ingin mengganti pola lama dengan pola baru, pilih menu “Pola” dan pilih “Ubah pola”. Kamu akan diminta untuk memasukkan pola lama terlebih dahulu. Setelah berhasil, kamu dapat membuat pola baru seperti langkah sebelumnya.

5. Hapus Pola

Jika kamu ingin menghapus pola yang sudah dibuat, pilih menu “Pola” dan pilih “Hapus pola”. Kamu akan diminta untuk memasukkan pola terlebih dahulu. Setelah berhasil, pola akan dihapus dan kamu dapat menggunakan pola atau metode pengamanan lainnya.

6. Gunakan Metode Pengamanan Lainnya

Untuk memaksimalkan keamanan akun kamu, kamu dapat menggunakan metode pengamanan lainnya seperti sidik jari atau pin. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan pastikan kamu mengingatnya dengan baik. Ingat, jangan berikan informasi tentang metode pengamanan ini pada orang lain.

7. Jangan Gunakan Pola yang Mudah Ditebak

Ingat, pola yang mudah ditebak atau terlalu sederhana dapat membuat akun kamu mudah diakses oleh orang lain. Pilih pola yang rumit dan sulit ditebak oleh orang lain agar akun kamu tetap aman.

8. Jangan Berikan Informasi Pola pada Orang Lain

Informasi pola atau metode pengamanan harus selalu dijaga kerahasiaannya. Jangan berikan informasi ini pada orang lain, bahkan pada teman atau saudara. Kamu tidak tahu dengan siapa mereka berbagi informasi tersebut dan dapat membahayakan akun kamu.

9. Perbarui Aplikasi WhatsApp Kamu

Perbarui aplikasi WhatsApp kamu secara teratur agar mendapatkan fitur-fitur keamanan terbaru. Perusahaan WhatsApp terus melakukan pembaruan agar aplikasi ini semakin aman dari ancaman luar.

10. Jangan Unduh dari Sumber yang Tidak Terpercaya

Jangan mengunduh aplikasi WhatsApp dari sumber yang tidak terpercaya atau tidak resmi. Aplikasi palsu dapat membahayakan akun kamu dan bahkan dapat membahayakan perangkat kamu secara keseluruhan. Pastikan kamu mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store.

11. Gunakan VPN saat Menggunakan WhatsApp

Jika kamu ingin menggunakan WhatsApp dengan lebih aman, kamu dapat menggunakan VPN. VPN akan menyembunyikan alamat IP kamu dan membuat kamu lebih aman saat menggunakan aplikasi ini.

12. Jangan Buka Pesan dari Orang yang Tidak Kamu Kenal

Jangan membuka pesan dari orang yang tidak kamu kenal atau dari nomor yang tidak terdaftar di kontak kamu. Pesan tersebut mungkin mengandung virus atau malware yang dapat membahayakan perangkat kamu.

13. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah adalah fitur keamanan tambahan yang dapat kamu aktifkan pada akun WhatsApp. Setelah diaktifkan, kamu harus memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telepon yang terdaftar di akun kamu setelah melakukan login pada perangkat baru. Fitur ini dapat membantu kamu melindungi akun WhatsApp kamu dari ancaman luar.

14. Jangan Berbagi Informasi Pribadi pada Orang yang Tidak Kamu Kenal

Jangan berbagi informasi pribadi seperti nomor telepon atau alamat dengan orang yang tidak kamu kenal. Informasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan tindakan yang merugikan kamu atau orang lain.

15. Jangan Mudah Terprovokasi

Jangan mudah terprovokasi oleh pesan atau tindakan dari orang lain. Pelajari cara mengelola emosi kamu agar tidak mudah terpancing untuk melakukan hal yang tidak perlu.

16. Jangan Gunakan Fitur WhatsApp yang Tidak Dikenal

Beberapa fitur di aplikasi WhatsApp mungkin belum kamu ketahui atau belum kamu gunakan. Pastikan kamu memahami fitur tersebut dan jangan gunakan fitur yang tidak kamu kenal atau tidak kamu butuhkan.

17. Batasi Penggunaan WhatsApp

Batasi penggunaan WhatsApp kamu agar tidak terlalu sering menggunakan aplikasi ini. Terlalu sering menggunakan aplikasi ini dapat membuat kamu mudah terganggu dan dapat mengganggu produktivitas kamu.

18. Gunakan Aplikasi Keamanan

Gunakan aplikasi keamanan yang terpercaya untuk melindungi perangkat kamu dari ancaman luar. Aplikasi ini dapat membantu kamu melindungi data pribadi kamu dan membuat kamu lebih aman ketika menggunakan aplikasi WhatsApp.

19. Jangan Terlalu Bergantung pada WhatsApp

Jangan terlalu bergantung pada aplikasi WhatsApp untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Gunakan metode komunikasi yang lain seperti panggilan telepon atau pertemuan langsung untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

20. Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat pola pada aplikasi WhatsApp dengan mudah dan membuat akun kamu lebih aman dari ancaman luar. Selain itu, kamu juga dapat melakukan tindakan lain seperti mengaktifkan verifikasi dua langkah atau menggunakan aplikasi keamanan untuk melindungi perangkat kamu dari ancaman luar. Ingatlah untuk selalu menjaga kerahasiaan informasi pola atau metode pengamanan kamu dan tidak memberikan informasi ini pada orang yang tidak kamu percayai.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan membuat kamu lebih aware tentang keamanan di dunia digital. Terima kasih telah membaca dan ingatlah untuk selalu waspada!