60% tubuh manusia berupa cairan. Namun, setiap hari tubuh kehilangan cairan melalui pernapasan, pencernaan, dan keringat. Itulah mengapa banyak yang menyarankan minum air putih setiap hari.

Yang tak disadari, air putih bukan cuma menggantikan cairan tubuh, tetapi juga berkontribusi menjaga berat badan ideal.

Kebutuhan air putih setiap orang berbeda. Jumlahnya tergantung iklim, tingkat aktivitas fisik, dan apakah sedang sakit atau punya masalah kesehatan lainnya.

Anda bisa konsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk mengetahui jumlah cairan yang dibutuhkan sesuai kondisi medis Anda.

Bagaimana Minum Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa minum air putih yang banyak akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Tetapi apakah air benar-benar bisa membantu menurunkan berat badan? Jawabannya adalah iya.

Minum air putih secara cukup dapat membantu meningkatkan metabolisme, membersihkan racun di dalam tubuh, dan menekan nafsu makan.

Berikut tips memanfaatkan air putih untuk menurunkan berat badan:

  • Minum sebelum makan. Menurut WebMD, media kesehatan populer di Amerika Serikat, minum air putih sebelum makan mengurangi rata-rata sekitar 75 kalori per sekali makan. Jika seseorang makan 3 kali sehari, maka ia mengurangi 82.125 kalori per tahun, atau setara sekitar 10 kilogram.
  • Mengganti soda atau minuman manis dengan air putih. Rasa haus yang kita rasakan, sebenarnya cukup diatasi dengan air putih. Hanya kadang, kita sulit mengontrol candu terhadap rasa manis, sehingga minuman pun mesti dicampur gula atau soda. Inilah yang membuat berat badan bertambah.
  • Minum air putih dingin. Masih menurut WebMD, air putih dingin merangsang metabolisme tubuh bekerja lebih keras, sehingga kalori lebih banyak terpakai ketimbang disimpan menjadi lemak.
  • Minum air putih selama olahraga. Bagaikan sebuah mesin, dengan minum air putih, tubuh dapat bergerak lebih lama, terutama ketika berolahraga. Semakin lama berolahraga, semakin banyak kalori di dalam tubuh terbuang.

Manfaat Lain Minum Air Putih

Air putih mungkin terlihat biasa, padahal ada sejuta manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat minum air putih yang perlu Anda ketahui:

  • Mengatur suhu tubuh. Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga suhu tubuh Anda. Tubuh Anda mungkin kehilangan cairan melalui keringat selama beraktivitas fisik dan tinggal di lingkungan yang panas. Keringat membuat suhu tubuh Anda tetap dingin, tetapi suhu tubuh Anda akan naik jika Anda tidak mengisi kembali cairan yang hilang. Ini terjadi karena tubuh Anda kehilangan elektrolit dan plasma ketika mengalami dehidrasi.
  • Membantu produksi air liur. Air adalah komponen utama air liur yang termasuk sejumlah kecil elektrolit, lendir, dan enzim. Namun, produksi air liur mungkin menurun seiring bertambahnya usia atau efek samping dari obat-obatan tertentu, sehingga sangat penting bagi Anda untuk menjaga asupan air putih setiap harinya.
  • Membantu proses pencernaan. Para ahli mengatakan bahwa minum air putih sebelum, selama, dan sesudah makan akan mempermudah tubuh Anda saat memecah makanan, lebih efektif mencerna makanan, dan mendapatkan hasil maksimal dari khasiat makanan yang Anda konsumsi.
  • Membantu penyerapan nutrisi. Selain membantu pencernaan, minum air putih juga membantu melarutkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang terkandung di dalam makanan.
  • Membantu menjaga kulit tetap cerah. Ingin terlihat awet muda? Salah satu rahasianya adalah rajin minum air putih. Asupan air putih yang cukup akan membantu menjaga kulit Anda agar tetap terhidrasi dan meningkatkan produksi kolagen. Namun, tidak hanya air putih saja, perawatan kulit agar terlihat awet muda juga harus diiringi dengan menggunakan sunscreen setiap hari.
  • Membantu mengeluarkan racun tubuh. Tubuh Anda akan membuang racun dengan berkeringat, buang air kecil, dan buang air besar. Anda membutuhkan air dalam jumlah yang cukup untuk menjalankan fungsi tubuh seperti berkeringat setelah berolahraga, menjaga pencernaan untuk memiliki feses yang sehat, dan organ ginjal menyaring racun lewat buang air kecil. Asupan air yang cukup dapat membantu organ ginjal untuk bekerja lebih efisien dan mencegah penyakit batu ginjal.
  • Membantu meningkatkan suasana hati. Tidak dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dapat memengaruhi suasana hati Anda, karena dehidrasi dapat menyebabkan hilang fokus, kelelahan, dan kecemasan tanpa sebab.
  • Meningkatkan sirkulasi oksigen di dalam darah. Air membawa nutrisi dan oksigen bermanfaat ke seluruh tubuh Anda. Saat kebutuhan cairan terpenuhi, sirkulasi oksigen di dalam darah meningkat yang berdampak baik bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.
  • Melindungi jaringan, sumsum tulang belakang, dan sendi. Konsumsi air yang cukup dapat membantu melumasi dan melindungi sendi, sumsum tulang belakang, dan jaringan Anda. Ini sangat berguna agar Anda dapat beraktivitas fisik tanpa gangguan apa pun, contohnya rasa tidak nyaman akibat radang sendi.

Kapan Tubuh Membutuhkan Air Putih?

Terkadang Anda tidak sadar kalau tubuh Anda sedang membutuhkan asupan air putih ketika Anda terlalu fokus beraktivitas. Demi mencegah dehidrasi, Anda dapat mengikuti rekomendasi waktu minum air putih berikut ini:

  • Sebelum tidur. Kekurangan cairan juga beresiko menyebabkan gangguan tidur. Agar tetap bisa menjaga kualitas tidur dianjurkan untuk minum air putih sebelum tidur.
  • Saat bangun tidur. Sebaiknya Anda mengonsumsi air putih sebanyak 1 hingga 2 gelas saat bangun tidur. Tujuannya untuk mengembalikan cairan yang hilang setelah Anda tidur selama beberapa jam dan membantu membuang racun lewat proses metabolisme tubuh.
  • Sebelum makan. Anda dianjurkan untuk minum air putih 30 menit sebelum mulai makan. Cukup 1 gelas saja, karena kadar air putih berlebih berisiko mengganggu pelarutan makanan dan mengganggu fungsi enzim yang dibutuhkan saluran pencernaan guna membantu melancarkan pencernaan makanan.
  • Saat sedang sakit. Salah satu manfaat air putih adalah meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan menyeimbangkan kadar cairan tubuh yang sangat diperlukan ketika Anda sedang sakit.
  • Saat tubuh terasa lelah. Beraktivitas fisik sehari-hari menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh terasa lelah, hilang konsentrasi, dehidrasi, sakit kepala, dan berbagai macam gangguan kesehatan lain.
  • Sebelum dan sesudah olahraga. Setelah berolahraga, banyak cairan tubuh Anda yang dikeluarkan lewat keringat. Jangan biarkan tubuh dehidrasi karena kekurangan cairan dan tingkatkan kekuatan otot Anda dengan minum air putih sebelum dan sesudah olahraga.

Berapa Banyak Air Putih yang Harus Diminum Dalam Sehari?

Minum air putih secara rutin dengan jumlah yang cukup akan sangat berguna untuk memenuhi asupan cairan yang diperlukan tubuh.

Namun, kekurangan dan kelebihan asupan air putih bisa menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui aturan minum air putih agar tubuh senantiasa sehat.

Menurut Food and Nutrition Board (FNB), pria membutuhkan 3,7 liter air per hari dan wanita membutuhkan 2,7 liter air per hari. Ini merupakan jumlah ideal, tetapi bisa bertambah atau berkurang sesuai kondisi tubuh Anda guna mencegah dehidrasi.

Ada banyak pendapat berbeda tentang jumlah air putih yang harus diminum setiap hari. Namun, ada pun yang percaya bahwa Anda perlu minum air putih secara terus menerus sepanjang hari dengan jangka waktu tertentu, bahkan ketika Anda tidak haus. Hal ini tergantung pada individu, karena ada banyak faktor internal dan eksternal yang pada akhirnya memengaruhi kebutuhan cairan Anda.