Mengambil pinjaman merupakan langkah terakhir yang bisa digunakan untuk membantu masalah ekonomi. Dimana sebelum mengambil pinjaman Anda bisa untuk melakukan langkah lainnya seperti menggunakan tabungan dan dana simpanan. Akan tetapi apabila tidak mempunyai tabungan untuk keperluan darurat, maka mengambil pinjaman memang merupakan langkah yang terbaik. Dimana jenis pinjaman yang bisa didapatkan secara cepat untuk keperluan mendadak adalah kredit KTA.

Pinjaman KTA merupakan salah satu pilihan kredit yang ditawarkan oleh banyak pihak mulai dari perbankan yang sudah terkenal sebagai tempat peminjaman yang aman hingga ditawarkan oleh situs pinjaman dana secara online. Sehingga sebelum mengajukan KTA tersebut Anda bisa untuk memilih tempat yang tidak hanya saja aman tetapi juga menguntungkan ketika mendapatkan pinjaman tanpa agunan yang dibutuhkan. Ketika akan memilih kredit tanpa agunan ini, Anda juga membutuhkan beberapa pertimbangan penting yang bisa digunakan sehingga tidak akan mengalami kerugian dan kredit jenis ini dapat membantu untuk keluar dari masalah ekonomi yang sedang dihadapi. Adapun beberapa pertimbangan penting sebelum akhirnya mengajukan KTA adalah sebagai berikut:

1. Memiliki tujuan yang jelas

Pertimbangan pertama agar KTA tidak sia-sia adalah dengan sudah mempunyai tujuan yang jelas. Kredit ini memang terasa tidak berbahaya, tetapi sama seperti lainnya akan sangat baik apabila akan mengambil kredit maka Anda sudah mengetahui tujuan yang akan digunakan untuk dana yang didapatkan. Hal ini merupakan poin penting sehingga akan membantu Anda dalam masalah keuangan yang darurat. Misalnya saja beberapa tujuan yang bisa digunakan dengan dana KTA ini adalah untuk biaya pendidikan, biaya pengobatan, biaya tambahan untuk modal usaha, dan lainnya. Hindari untuk mengambil kredit untuk hal yang kurang penting yang sifatnya konsumtif dan masih bisa dipenuhi dengan menabung terlebih dahulu dan sifatnya tidak mendadak.

2. Bandingkan produk KTA

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika akan mengambil kredit KTA adalah dengan membandingkan produk KTA. Ada banyak produk KTA yang bisa dipilih mulai dari perbankan hingga situs jasa pinjaman online. Sehingga dengan banyaknya produk tersebut Anda akan lebih mudah untuk membandingkan produknya dan memilih produk yang terbaik. Namun jangan lupa untuk cek legalitasnya juga, bisa melalui list daftar pinjaman online ojk di situs resmi OJK.

3. Menggunakan KTA dengan bijak

Hal penting yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah dengan menggunakan KTA dengan bijak. Anda akan bisa mendapatkan KTA dengan plafon yang diinginkan. Akan lebih bijak untuk menyisihkan jumlah tersebut untuk pembayaran pertama sehingga akan lebih aman. Hal tersebut akan menghindari untuk tidak mampu melakukan pembayaran di awal cicilan.

4. Melakukan simulasi kredit

Tips penting lainnya yang penting dilakukan adalah dengan melakukan simulasi kredit. Lakukan hal ini ketika akan membandingkan produk KTA yang ditawarkan oleh banyak pihak. Melakukan simulasi kredit juga sangat mudah dengan memilih jumlah plafon yang dibutuhkan, memilih tenor yang sesuai, dan juga memilih jumlah cicilan yang sesuai dengan kemampuan keuangan yang dimiliki.

5. Perhatikan proses pengajuan dan pencairan

Pertimbangan terakhir ketika akan mengambil kredit KTA agar tidak rugi adalah dengan memperhatikan proses dan pengajuan dan juga pencairan apabila pengajuan kredit disetujui. Pilihlah tempat yang mempunyai reputasi yang baik dan mudah untuk mendapatkan kredit di tempat tersebut. Sehingga hal tersebut tidak akan membuat Anda membuang-buang waktu di tempat yang tidak bisa atau susah untuk pengajuan KTA akan disetujui. Pilihlah juga tempat yang mempunyai proses pencairan yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan urgency penggunaan dana KTA tersebut.