Hadir pada Agustus 2020, Pasar Digital hasil inisiasi Kementerian BUMN yang bersinergi dengan BUMN ini telah menarik perhatian berbagai pihak terutama para pelaku usaha UMKM. Platform digital yang memiliki system pengadaan barang dan jasa BUMN ini memiliki upaya untuk mendorong UMKM agar dapat GO Digital dan mampu berkembang di masa yang akan datang.

Platfom digital ini digunakan oleh beberapa pihak seperti, pemerintah, UMKM, BUMN, Bank/Financing, serta logistik. Fiturnya yang mudah digunakan serta berusaha untuk selalu berkembang agar para pemakai platform digital ini akan terus nyaman dan tetap menggunakannya sampai waktu yang akan datang.

Perlu diketahui, keunggulan platform digital ini sangat mumpuni yang membuktikannya layak untuk diprioritaskan untuk bertransaksi seperti keunggulannya untuk UMKM yang dimana aksesnya tidak hanya lokal saja bahkan secara global, dan lalu kemudahan dalam proses pembiayaan agar nantinya UMKM mampu bertahan bahkan terus berkembangan ke depannya. Selanjutnya, kepastian pembayaran dalam setiap transaksi yang merupakan kesinambungan pada kepastian pembeli yaitu pihak BUMN untuk siap konfirmasi pesanan dan dana dalam jumlah besar akan siap cair pada rekening masing-masing penjual. BUMN sebagai pasar pasti juga menjadi unggulan platform digital ini, yang nantinya UMKM tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk memperoleh pelanggan dan konsumen untuk membeli produk mereka. Feedback dan penilaian produk secara transparan dari pihak BUMN saat membeli produk UMKM juga menjadi keunggulan lainnya yang dimiliki platform digital ini, disaat pembeli percaya dan senang tentang produk tersebut maka pembeli lain akan berdatangan untuk membeli produk yang memiliki penilaian terbaik tersebut.

Tidak hanya dari pihak UMKM, keunggulan untuk pihak pemerintah juga tersedia seperti Data UMKM yang terverifikasi karena pihak Pasar Digital UMKM ini akan memproses data terlebih dahulu untuk menghindari berbagai oknum penipuan maupun transaksi yang tidak transparan. Profil yang lengkap menjadi syarat dalam bergabung di platform digital ini, sehingga tak heran keunggulan yang disediakan mampu menarik minat berbagai pihak. Transaksi yang transparan juga menjadi focus pada platform digital ini yang dinilai sangat unggul dalam sebuah platform untuk digunakan, mengapa demikian? Karena data belanja BUMN mampu dilihat oleh kementerian BUMN secara transparan dan juga menjadi salah satu hal yang sangat baik untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Keunggulan dari pihak BUMN dan Industri juga tersedia, yaitu supplier produk lokal yang terverifikasi dan tersedia di PaDi UMKM untuk jual barang dan jasa BUMN begitu berkualitas dan mampu bersaing untuk penggunaan serta kehebatan pada setiap produknya. Tidak heran platform digital ini, siap bersaing secara lokal maupun global untuk para UMKM. Kepastian harga dan kualitas yang ada pada UMKM yang terdaftar juga tidak main-main, harga yang bersaing dari setiap vendor juga diiringi dengan kualitas produk yang siap digunakan dan tidak mengecewakan karena sebelumnya produk tersebut harus lulus uji verifikasi agar siap didagangkan secara online.

Keunggulan untuk financing dan logistik juga ada seperti, penyaluran biaya yang terencana dan jelas, lalu utilisasi aset dan transport logistic serta memperluas jangkauan sampai ke lokasi wilayah UMKM.