Salah satu elemen penting dari sebuah mobil yang menjadikan Anda merasa nyaman sepanjang perjalanan yaitu AC (Air Condition). Sebagaimana namanya, AC akan mengkondisikan udara di dalam mobil agar terasa sejuk dan nyaman. Meski perjalanan jauh, nuansa di dalam mobil serasa di alam raya hijau sejauh mata memandang.

AC pada mobil sejatinya tidak hanya berguna ketika musim panas saja, dengan peran menyejukkan. Akan tetapi, AC mobil juga berguna ketika hujan turun. Dengan menyalakan AC ketika hujan dengan kondisi kaca mobil tertutup rapat, kaca mobil tidak akan berkabut, hal mana kondisi demikian akan menghalangi pandangan si pengemudi.

Mengingat begitu pentingnya AC mobil, maka merawat kondisi AC mobil agar tetap prima menjadi prioritas yang tidak bisa diremehkan. Sekali AC mobil terkendala berat, Anda tidak boleh menunda untuk melakukan service AC mobil, agar kenyamanan dan keamanan kembali didapatkan. Berikut ini, kami akan sajikan beberapa tips merawat mobil agar dingin terjaga dan awet tahan lama. Pastikan Anda membacanya dengan seksama ya!

 

1. Menyalakan AC Ketika Mobil On


Ketika Anda hendak menghidupkan mobil, Anda perlu memastikan AC dalam kondisi off. Lalu, tunggulah hingga kinerja mesin mobil sudah stabil kemudian pendingin siap dinyalakan. Menyalakan AC sebelum mesin mobil hidup bisa berpotensi menimbulkan kerusakan kompresor AC. Bisa Anda bayangkan, mesin pada mobil dipaksa menggerakkan beberapa elemen saat melakukan start awal. Dengan beban berat tersebut, arus menjadi tidak stabil dan membahayakan AC mobil.

 

2. Membuka Jendela Sebelum Menyalakan Mobil


Memarkir mobil di area panas, menyebabkan kabin akan menjadi pengap dan panas. Untuk mengatasi hal ini, sebelum AC mobil dinyalakan, sebaiknya Anda membuka jendela terlebih dahulu untuk membuang udara panas dari dalam mobil. Jika Anda memaksa menyalakan AC saat udara kabin panas, itu sama halnya Anda memaksa AC bekerja berat untuk menurunkan suhu panad di dalam mobil.

 

3. Tutup Jendela Selama AC Hidup


Banyak loh yang membuka jendela mobil pada saat AC menyala. Lalu untuk apa AC dinyalakan? Padahal hal ini bisa membuka cela bagi kotoran dan debu masuk ke dalam mobil. Selain itu, proses pendinginan menjadi sia-sia, bahkan bisa berujung kinerja AC yang diforsir berlebihan.

 

4. Tidak Merokok Saat AC Menyala


Agar AC mobil Anda awet, sebaiknya terapkan peraturan dilarang merokok selama AC menyala. Hal ini dikarenakan asap dari rokok akan serap oleh blower AC dan memungkinkan menempel pada komponen evaporator. Memang jangka pendeknya tidak bisa langsung dirasakan, tetapi lama kelamaan kebiasaan ini bisa mengganggu kinerja AC. Bahkan berpotensi membuat aroma mobil menjadi tidak sedap.

 

5. Bersihkan Kabin Mobil


Rajinlah untuk membersihkan kabin mobil Anda. Kondisi kabin yang bersih akan menjaga sirkulasi udara dari pendingin agar tetap baik. Sebaliknya, kondisi kabin yang kotor dapat menyebabkan sirkulasi AC menjadi terganggu yang memungkinkan terjadi penyumbatan pada komponen pendingin.

 

6. Rutin Membersihkan Kondensor AC


Tahukah Anda fungsi Kondensor? Yups, kondensor merupakan salah satu komponen yang berfungsi membuang panas serta mengubah gas menjadi zat cair sebelum menjadi kabut. Komponen ini merupakan bagian terpenting yang menjadikan AC mobil Anda dingin maksimal.

Kondensor harus selalu dijaga kebersihannya, karena kotoran yang melekat akan menyebabkan korosi, yang kemudian menimbulkan kebocoran AC. Rutinlah menjaga kebersihan kondensor sebagaimana Anda rutin menjaga kebersihan filter AC.

Demikianlah tips ampuh merawat kondisi AC mobil agar tahan lama dan dingin terjaga. Semoga bermanfaat ya, Sobat.