Crowdfunding merupakan suatu metode yang digunakan demi meningkatkan modal dengan cara kolektif yang berasal dari keluaraga, teman, investor, atau keluarga. Metode ini akan memanfaatkan upaya kolektif dari sejumlah individu tersebut dengan basis internet pada jadingan platform atau media sosial Crowdfunding. Lantas, kenapa harus manfaat crowdfunding? apa manfaat crowdfunding untuk bisnis saya?

Berikut ini akan kami bahas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang crowdfunding, lengkap dengan pengertian, jenis dan manfaat crowdfunding itu sendiri.

Lantas, Mengapa Harus Menggunakan Crowdfunding?

Crowdfunding pada kenyataannya meruapakan suatu era baru dan kebalikan dari metode mainstream lainnya dalam dunia ekonomi bisnis.

Sehingga, jika Anda tertarik untuk meningkatkan modal dalam memulai bisnis atau dalam hal merilis produk baru, maka Anda tidak harus mencemaskan rencana bisnis, riset pasar, serta prototipe dari perusahaan ataupun bisnis Anda untuk bisa dijelaskan pada mereka yang tertarik untuk ikut mendanai bisnis Anda, baik itu lembaga atau individu.

Sumber pendanaan bisa datang dari mana saja, seperti dari investor, bank, atau perusahaan modal sekalipun. Dalam melakukan setiap upaya pendekatannya, Anda harus menampilkan kapasitas serta kemampuan bisnis Anda sebaik mungkin pada saat yang tepat. Anda akan kehilangan sumber dana jika menyia-nyiakan momentum itu begitu saja.

Dilihat secara garis besar, platform crowdfunding memang mampu membantu Anda dalam mendapatkan berbagai peluang yang lebih baik dalam hal menarik investor yang ingin membantu mengembangkan bisnis Anda. Sehingga, Anda tidak memerlukan waktu lama dalam mencari investor yang sesuai dan melobi mereka untuk membantu bisnis Anda.

Manfaat Crowdfunding

Sistem platform crowdfunding akan memudahkan Anda dalam mengakses jaringan investor yang lebih besar secara fleksible. Selain itu, crowdfunding juga memiliki berbagai manfaat lain, yaitu:

   1. Jangkauan yang Lebih Luas

Penggunaan sistem crowdfunding akan lebih memudahkan Anda dalam memperluas jaringan ke banyak investor terpercaya yang tertarik atau ingin melihat, berinteraksi, serta berbagi kampanye terkait penggalangan dana dengan bisnis Anda.

   2. Kesempatan untuk Presentasi adalah Manfaat Crowdfunding lainnya

Crowdfunding Indonesia akan meningkatkan kesempatan Anda untuk melakukan presentasi atau penggalanan dana dengan cara menonjolkan bisnis yang akan Anda kembangkan. Seperti sejarah perusahaan, penawaran, target pasar, nilai perusahaan, daya tarik, dll.

Sehingga, calon investor akan menilai secara objektif apakah bisnis Anda sudah benar-benar sudah siap untuk dikempangkan, serta apa saja yang bisa mereka usulkan demi kemajuan bisnis Anda.

   3. Manfaat lain dari Crowdfunding adalah Pemasaran

Kampanye penggalangan dana bisa Anda bagikan melalui berbagai sosial media, email, atau strategi lainnya. Pada saat Anda memantau suatu pergerakan penggalangan dana, maka Anda juga bisa mengarahkan calon investor untuk berkunjung pada website resmi perusahaan Anda.

   4. Terakhir, Manfaat Crowdfunding adalah adanya Validasi Konsep

Menjelaskan konsep bisnis Anda pada orang banyak akan meningkatkan peluang besar Anda dalam memperbaiki penawaran. Pada saat calon investor tertarik untuk mendanai perushaan Anda, maka Anda bisa melakukan pendekatan yang lebih jelas guna meyakinkan mereka untuk turut membantu bisnis Anda.

Jenis-Jenis Crowdfunding

Dikutip dari laman resmi crowdfunding,  setidaknya terdapat 3 jenis crowdfunding yang bisa coba Anda gunakan pada model bisnis Anda, yaitu:

   1. Crowdfunding Donasi

Crowdfunding  ini akan lebih fokus pada bantuan kemanusiaan seperti halnya bantuan bencana alam, beasiswa pendidikan, amal, serta nirlaba. Sehingga, para investor tidak bisa menuntut pengembalian atau mengharapkan keuntungan atas dana yang sudah diberikan.

   2. Crowdfunding Hadiah

Jenis crowdfunding ini akan melibatkan para investor dengan bentuk hadiah. Walaupun demikian, para investor tetap tidak bisa berharap menikmati pengembalian dana atau keuntungan atas bisnis tersebut.

   3. Crowdfunding Ekuitas

Berbeda dengan kedua jenis crowdfunding sebelumnya, pada equity crowdfunding para investor memiliki hak sepenuhnya sebagai pemilik perusahaan, serta mereka memiliki hak atas saham ekuitas, serta hak dalam pembagian keuntungan.

Keunggulan Crowdfunding

  • Profil bisnis ataupun produk yang dibungkus dengan cara menarik akan menjadi nilai lebih untuk perusahaan Anda
  • Adanya keikutsertaan banyak orang dalam sistem Crowdfunding akan mampu menghasilkan ruang tersendiri dimana pemilik bisnis mampu berinteraksi langsung dengan mereka.
  • Adanya timbal balik yang menawarkan suatu akses pra-rilis pada konten ataupun peluang guna mengulas suatu konten beta pada para investor sebagai bagian dari insentif pendanaan.
  • Akan menghasilkan keuntungan ekonomi bagi pemilik usaha