Tahukan anda, bahwa makanan dan minuman yang anda konsumsi, selain berpengaruh pada kesehatan tubuh, pun turut mempengaruhi kualitas tidur anda. Bahkan, beberapa jenis makanan dan juga minuman, secara peran ada yang khusus tuk membantu anda meraih tidur yang berkualitas serta terhindar dari insomsia. Tentu saja, alternatif mengkonsumsi makanan yang baik bisa menjadi solusi terbaik daripada menggunakan bantuan obat tidur, bukan?

Makanan dan minuman yang terbukti ampuh menambah kualitas tidur

Secara umum, makanan dan minuman bukanlah obat yang langsung mengatasi gangguan tidur seperti insomsia. Akan tetapi, mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat, memiliki dampak baik tuk menyajikan nuansa tidur yang berkualitas serta meminimalisir gangguan insomnia.

1. Daging ayam

Dilansir dari diset yang dilakukan oleh Amesican Sleep Association, mereka menuturkan bahwa daging ayam dapat berperan dalam membantu tidur anda menjadi lebih nyenyak. Hal ini disebabkan karena ayam memiliki kandungan yang disebut triptofan. Apa itu? Kandungan ini merupakan jenis asam amino esensial, yaitu sebuah protein yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga stabilitas diri dan kesehatan.

Pola kerjanya, triptofan ini sangat diperlukan oleh tubuh dalam rangka menghasilkan serotin, vitamin B6, serta kandungan lain yang menyebabkan mood seseorang membaik. Dengan mood yang baik, maka tak aneh jika kualitas tidur pun bisa ditingkatkan. Untuk itu, coba deh tuk rutin mengkonsumsi daging ayam ya!

2. Ikan

Ikan kerapkali dihubungkan dengan makanan yang mengandung protein tinggi, ya karena memang itu faktanya. Akan tetapi tidak cukup itu saja, ternyata iklan dinilai cukup ampuh tuk meningkatkan kualitas tidur karena vitamin B6 yang terkandung di dalam ikan tersebut.

Dengan adanya vitamin b6 ini, pembentukan melatolin sebagai unsur yang meningkatkan efektivitas tidur meningkat. Dengan demikian, anda ynag ingin mendapatkan kualitas tidur prima, bisa mencoba tuk konsumsi ikan beberapa jam sebelum tidur, atau saat sore hari.

3. Almond

Selain ikan, melatonin bia ditemukan pada kacang almond sebagai jenis kacang-kacangan yang menghasilkan melatonin alami. Jenis kacang satu ini juga dipenuhi dengan nutrisi dan mineral tinggi, sebut saja magnesium. Dengan memakan beberapa biji kacang almond saja, anda sudah tercukupi kebutuhan magnesium harian sebesar 19%.

Kandungan magnesium ini, bisa melancarkan pola tidur serta memberikan anda tidur yang berkualitas. Kandungan di dalam almond juga ampuh tuk mencegah tubuh dari gangguan peradangan. Bahkan, stres pun bisa diatasi loh dengan kacang almond karena memiliki kandungan yang ampuh mengurangi kortisol sebagai penyebab stres.

4. Buah-buahan

Perlu diketahui, bahwa beberapa buah-buahan juga memiliki kandungan melatolin yang menjadikan tidur malam anda pulas, tanpa terganggu. Maka bagi penderita insomnia, mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung melatonin sangat dianjurkan. Sebut saja buah-buahan seperti jeruk, nanas, dan juga kiwi. Karena buah bukan makanan berat, anda bisa mencoba memakan porsi kecil sebelum tidur.

5. Susu hangat

Ada beberapa riset kesehatan yang pernah menguji efektivits susu hangat tuk bantu tingkatkan kualitas tidur seseorang. Para peneliti merangkai hipotesa, bahwa kandungan triptofan dalam susu benar-benar efektif membuat tidur seseorang menjadi nyenyak, dan tatkala bangun badan benjadi segar. Dengan demikian, cobalah tuk minum susu hangat beberapa saat sebelum tidur tuk raih kualitas tidur terbaik.

Beberapa produk yang bisa anda tambahkan tuk raih kualitas tidur, juga bisa dibeli di Toko SehatQ. Selain itu, sebagai platform kesehatan digital terbaik, anda pun bisa mengakses sehatq.com untuk mendapatkan jawaban dari setiap permasalahan kesehatan anda.