Pandemi COVID-19 merupakan sebuah kejadian dimana penyakit koronavirus 2019 menyebar hingga ke semua negara di seluruh dunia. Cara penyebaran penyakit ini melalui percikan pernafasan saat sedang batuk atau dihasilakan saat sedang bersin. Selain itu, virus corona juga dapat menyebar ke permukaan benda yang tidak sengaja tersentuh tangan kemudian menyentuh wajah seseorang.  Oleh karenanya, kita perlu menggunakan handsanitizer sebelum dan sesudah berpegian, menjaga jarak dengan seseorang, menggunakan masker jika berpegian dan lain-lain sesuai dengan protokol kesehatan agar kita tidak tertular virus corona.

Di masa pandemi seperti ini, tentu kita perlu melakukan tips hidup sehat supaya kita sekeluarga baik-baik saja. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan mulai dari kebiasaan-kebiasaan sederhana. Apalagi, sekarang kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja yang membuat kita kurang produktif, kurang gerak dan lain sebagainya. Untuk itu, dalam artikel ini terdapat beberapa tips hidup sehat yang perlu dilakukan selama pandemi khususnya. Apa saja tips nya? Bisa langsung anda simak pada penjelasan berikut ini.

  1. Olahraga

Kesehatan perlu dijaga, salah satunya dengan berolahraga. Tidak perlu olahraga yang mengeluarkan biaya ataupun menguras keringat begitu banyaknya. Cukup dengan olahraga sederhana yang penting tubuh anda melakukan gerakan, seperti misalnya bermain catur, berenang, senam, lari-lari kecil dan jenis olahraga lain yang dapat dilakukan di rumah masing-masing. Kemudian, anda juga perlu berjemur pagi sebelum pukul 10.00 dengan waktu kurang lebih 15 menit setiap 2 atau 3 kali dalam seminggu.

  1. Menjaga Kebersihan

Kebersihan merupakan hal yang harus kita lakukan demi terjaganya lingkungan dari virus-virus penyakit yang dapat menular. Di masa kehidupan normal pun menjaga kebersihan perlu dilakukan, apalagi ketika di masa pandemi seperti ini. Contoh yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan yang paling sederhana dan mudah dikerjakan adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan.

  1. Mengatur pola makan

Makan adalah kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Namun, tidak semua jenis makanan baik jika dikonsumsi setiap hari. Ada kalanya kita perlu lebih mengkonsumsi buah, sayur dan vitamin agar gizi kita dalam tubuh tetap seimbang selama musim pandemi seperti saat ini.

  1. Jangan stress

tips sehat yang satu ini perlu diingat setiap hari. Stress terjadi akibat adanya tekanan kepada diri sendiri. Mungkin hal ini sering terjadi pada kita semua, baik masa sekarang maupun di masa dahulu. Jika hal ini terjadi, pikiran kita akan terganggu dan juga bisa mengganggu pada kesehatan mental seseorang. Maka dari itu, solusi untuk mencegah diri dari stres adalah dengan mencari kegiatan yang anda suka atau kegiatan yang dapat menghilangkan pikiran stress tersebut.

  1. Tetap semangat

Di masa pandemi banyak hal yang merubah kehidupan kita, banyak juga yang dibuat down olehnya. Namun, bukan berarti kita pasrah dengan keadaan atau menyalahkan keadaan mengapa terjadi seperti sekarang ini. Justru kita harus lebih bersemangat dalam menjalani hidup demi keberlangsungan kehidupan kita selanjutnya. Karena dengan adanya rasa semangat tersebut mampu membuat pikiran kita tetap tenang sehingga kesehatan kita pun akan tetap terjaga dengan baik.