Membeli sebuah rumah merupakan salah satu rencana besar dalam hidup. Apalagi jika yang anda beli adalah rumah pertama, anda perlu mempertimbangkan berbagai hal agar mendapatkan yang terbaik.

 

Selain memerlukan pertimbangan yang matang ada beberapa hal teknis yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli rumah yang sesuai dengan kebutuhan anda.

 

Berikut ini ada beberapa tips yang wajib anda simak agar tidak menyesal dengan rumah pilihan anda di kemudian hari.

1. Hitung Rencana Pembiayaan

 

Tips paling mendasar dalam merencanakan pembelian rumah pertama adalah perihal budget. Budget selalu menjadi salah satu faktor utama penentu dalam kriteria membeli rumah idaman.

 

Mulai dari persiapan uang DP, biaya cicilan, biaya administrasi dan surat-surat hingga biaya tidak terduga perlu disiapkan matang-matang agar tidak kaget di tengah jalan.

 

Apalagi jika anda memilih untuk menggunakan KPR, anda perlu menganalisis lebih dulu beberapa faktor penting seperti umur, kondisi finansial, gaji dan lainnya.

 

2. Tentukan Tipe Pembayaran

 

Secara umum terdapat dua tipe pembayaran yaitu cash keras dan KPR. Namun pada beberapa kesempatan ada beberapa developer yang menyediakan sistem pembayaran cash bertahap.

 

Jika anda memilih pembayaran KPR anda perlu memperhitungkan secara matang, berapa lama cicilan yang diambil, berapa bunga cicilannya dan berapa uang DP yang perlu disiapkan.

 

Umumnya, untuk rumah baru anda perlu menyiapkan uang DP sebesar 10 hingga 20 persen. Anda juga perlu mempelajari berbagai program bank yang menawarkan promo KPR menarik dengan bunga yang beragam. Anda juga dapat memilih tenor KPR mulai dari 10, 15, 25 hingga 30 tahun.

3. Tentukan Lokasi

 

Yang tidak kalah penting berikutnya adalah perihal lokasi. Setelah selesai menghitung rincian pembiayaan dan menetapkan tipe pembayaran, anda tentu harus menetapkan lokasi.

 

Menetapkan lokasi bukanlah perkara yang mudah. Namun anda dapat memilih daerah yang familiar dengan keseharian anda semasa hidup, seperti rumah masa kecil atau rumah keluarga.

 

Jika anda ingin mencoba daerah baru, pastikan daerahnya cukup strategis dan mudah di akses ke lokasi kantor anda. Anda perlu memperhitungkan secara matang jarak tempuh yang ideal ke lokasi anda berkegiatan sehari – hari.

 

Jika masih tetap bingung, kota satelit bisa jadi pilihan tepat untuk mencari tempat tinggal pertama. Selain harga tanah yang masih relatif bersaing, kota satelit biasanya memiliki akses yang mudah menuju Ibukota dengan pembangunan yang cukup signifikan.

 

4. Tentukan Jenis dan Tipe Rumah

 

Tips selanjutnya, anda dapat memilih jenis dan tipe rumah yang anda inginkan. Anda dapat memulainya dengan memilih jenis rumah baru atau rumah bekas.

 

Baik rumah baru maupun rumah bekas punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal anda sesuaikan dengan kebutuhan anda saja. Rumah bekas biasanya siap untuk ditempati, namun perlu beberapa perbaikan supaya terlihat rapi.

 

Sebaliknya, rumah baru sangat aman dan nyaman jika anda ingin meminimalisir resiko kerusakan. Rumah baru juga memiliki banyak tipe yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Namun biasanya rumah baru memerlukan waktu untuk pembangunan (indent).

 

Meskipun ada juga rumah baru yang biasanya ready stock atau indent cepat, namun biasanya harganya relatif tinggi dan pilihannya tipenya terbatas.

 

5. Pilih Developer Terbaik

Jika anda memutuskan untuk membeli rumah baru, anda harus pintar-pintar memilih developer yang bisa memberikan jaminan terbaik.

 

Pasalnya, sudah banyak kejadian dimana developer yang tidak bertanggung jawab menawarkan produk rumah dengan harga murah namun kualitasnya tidak memuaskan atau bahkan proyek pembangunannya mangkrak.

 

Biasanya salah satu ciri khas developer terpercaya adalah banyak proyek yang sudah dikerjakan dan berhasil. Hasil perumahannya pun terlihat bagus dan rapi.

 

Developer yang kompeten juga biasanya menyediakan banyak metode pembayaran dan kerjasama dengan berbagai macam jenis bank.

 

6. Beri Waktu dan Sediakan Beberapa Opsi Sebelum Memutuskan Pilihan

 

Setelah anda selesai survey dan melihat-lihat rumah, jangan tergesa-gesa untuk langsung bayar booking fee! Anda perlu memikirkan matang-matang yang mana pilihan terbaik anda.

 

Biasanya, setelah selesai survey proyek perumahan, marketing di lapangan menawarkan untuk langsung transfer booking saja karena kuotanya terbatas. Lalu anda akan diiming – imingi dengan uang booking fee bisa dikembalikan dan sebagainya.

 

Sebaiknya anda jangan langsung berpikir cepat dalam mengambil keputusan. Apalagi rumah pertama pasti akan jadi tempat tinggal untuk waktu yang lama, anda tentunya tidak ingin menyesal dengan pilihan anda.

 

Kumpulkan beberapa pilihan terlebih dahulu, setelah itu diskusikan secara matang dengan keluarga anda mana pilihan yang terbaik. Baru anda dapat menghubungi pihak marketing untuk booking unit pilihan anda.

 

7. Pelajari Izin, Surat-Surat dan Biaya Pajak Rumah

 

Tips terakhir yang tidak kalah penting, anda harus paham soal perizinan, surat-surat dan biaya pajak dalam membeli rumah. Baik rumah baru ataupun rumah bekas, rumah pertama atau rumah selanjutnya hal ini merupakan hal yang paling penting.

 

Secara singkat ada beberapa jenis izin, surat dan biaya pajak dalam pembangunan rumah seperti izin mendirikan bangunan, akta jual beli, bukti pajak bumi bangunan, biaya BPHTB dan hal lainnya.

 

Meskipun anda didampingi oleh seorang teman yang berpengalaman ataupun konsultan properti sekalipun, anda tetap harus mengerti dasar-dasar soal hal ini.

 

Anda dapat bertanya dengan keluarga atau rekan anda yang sudah pernah membeli rumah, ataupun konsultasikan secara langsung dengan konsultan properti anda.

 

Itu dia tips dan trik yang perlu anda ketahui saat ingin membeli rumah pertama anda. Membeli rumah pertama bukanlah perkara yang mudah, karena anda akan tinggal cukup lama di rumah tersebut.

 

Kuncinya adalah jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Anda dapat meminta saran dan bertanya soal pengalaman beli rumah pertama pada rekan atau keluarga anda.

 

Selain itu pilihan lokasi yang strategis juga sangat penting untuk menunjang kehidupan anda sehari-hari. Pilihlah area yang anda kenal dengan baik agar mudah bepergian kemana saja.

 

Jika anda tertarik untuk menetap dan membeli rumah di BSD, anda dapat melihat berbagai pilihan rumah menarik di https://jualrumahbsd.com