Pasti banyak yang sudah mengenal serial anak-anak Upin Ipin di layar kaca. Polah dan tingkah kedua anak kembar ini memang sangat lucu dan menggemaskan. Sehingga tidak heran jika banyak anak-anak yang suka menonton serta mengikuti seluruh serialnya. Namun, tentu tidak banyak yang tahu bagaimana kisah di balik serial Upin Ipin. Termasuk bagaimana pembuatan animasi hingga ide karakter para pemainnya. Nah, jika penasaran akan hal tersebut, simak informasi menarik yang ada berikut ini.

Penulis Cerita Upin Ipin

Upin Ipin diciptakan oleh sepasang suami istri berkewarganegaraan Malaysia di tahun 2005, yaitu Burhanuddin Radzi dan Ainon Ariffin. Awalnya kisah dan cerita Upin Ipin ini dimulai untuk mengenalkan dan memberikan informasi pada anak-anak Malaysia tentang puasa dan Ramadhan. Sehingga di awal pembuatan serial tersebut, Upin Ipin hanya berdurasi sekitar 4 menit saja.

Tak disangka-sangka ternyata respon masyarakat terhadap serial anak yang satu ini cukup besar. Mulai banyak penggemar yang menyukai serial tersebut. Termasuk juga saat mulai ditayangkan di Indonesia, sehingga akhirnya banyak juga anak Indonesia yang suka serial Upin Ipin. Dari sini serial tersebut akhirnya makin berkembang dan kemudian banyak cerita serta kisah baru yang diluncurkan.

Proses Animasi Upin Ipin

Terkait dengan proses animasi pembuatan Upin Ipin juga banyak kisah yang tidak kalah seru. Menurut produser tempat serial Upin Ipin bernaung, yaitu Les’ Copaque, dalam pembuatan animasi Upin Ipin ini sebenarnya menggunakan konsep yang sederhana. Animasi yang digunakan pada film Upin Ipin ini adegannya menggunakan full animasi. Sehingga hanya berupa animasi dengan pengisi suara untuk membuat tokoh-tokoh dalam film terlihat lebih hidup. Tidak diperlukan artis siapapun maupun lokasi syuting pada pembuatan animasi ini.

Proses animasi Upin & Ipin ini sendiri juga menggunakan bantuan perangkat lunak berupa CGI Autodesk Maya. Ini merupakan salah satu perangkat lunak animasi yang banyak digunakan. Sehingga dengan bantuan perangkat lunak tersebut, maka dapat diperoleh animasi serial Upin Ipin yang menarik dan terkesan hidup.

Pengisi Suara Upin Ipin

Tidak berhenti hanya pada proses animasi saja. Sebagai film animasi tentu saja butuh pengisi suara yang harus memerankan setiap tokoh yang ada dalam serial tersebut. Demikian pula pada serial Upin Ipin sendiri terdapat beberapa pengisi suara yang bertugas memerankan setiap tokoh dengan ciri khasnya sendiri-sendiri.

Untuk karakter Upin Ipin sendiri diperankan oleh Asyiela Putri sejak umurnya masih 10 tahun. Sehingga tentu saja sudah cukup lama dia mengisi suara untuk Upin Ipin ini. Sementara untuk karakter lainnya seperti Kak Ros diisi oleh Nesya, untuk karakter Opah diperankan oleh Ainon yang tak lain pencipta Upin Ipin sendiri.

Selain itu ada pula pengisi suara yang lain. Karakter Ehsan diisi oleh Syahmi, sementara karakter Fizi diperankan oleh Rufaidah, karakter Jarjit diperankan oleh Hafiz, karakter Mei-Mei diperankan oleh Yuki, terakhir karakter Susanti diperankan oleh Yohanna Sicilla.

Itu tadi sekilas kisah di balik serial Upin Ipin. Sekarang tentu kalian jadi tahu siapa saja yang berada di belakang layar serial anak yang satu ini. Mulai dari penulis ceritanya, proses desain animasinya, hingga pengisi suara yang aslinya. Nah, setelah tahu, tentu makin cinta dengan serial yang satu ini bukan? Jadi, jangan lupa untuk menonton terus serial Upin Ipin selanjutnya ya.