Kunyit tentu bukan sesuatu yang asing lagi di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Karena bahan alami yang satu ini kerap ditambahkan dalam pembuatan makanan ataupun minuman. Kunyit memiliki warna dan sangat khas. Sehingga tidak heran jika dalam pembuatan makanan banyak digunakan untuk menyedapkan makanan dan membuat tampilan makanan terlihat semakin menarik. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja, kunyit juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat kunyit untuk kesehatan ini lantaran kandungan kurkumin dan minyak atsiri di dalamnya.

Jika dirangkum, ada banyak sekali kandungan zat kimia yang terkandung di dalam kunyit, seperti fruktosa, glukosa, arabinose, kalium natrium, kalsium, kobalt, seng, zat warna kurkumin, dan minyak atsiri. Semua kandungan yang terdapat pada kunyit ini jika dikonsumsi akan sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi kunyit, antara lain:

  • Bagus untuk antioksidan dan menjaga sistem imun tubuh.

Kunyit mengandung kurkumin yang sangat bagus sebagai antioksidan. Kurkumin nantinya berperan untuk melindungi membrane sel dan meningkatkan cara kerja sistem kekebalan tubuh dalam menangkal radikal bebas. Selain itu juga membantu mempercepat regenerasi sel yang sudah rusak. Sehingga bagi Anda yang ingin mengupayakan kesehatan tubuh, maka kunyit menjadi salah satu bahan alami yang bisa dikonsumsi.

  • Meredakan peradangan.

Kurkumin di dalam kunyit merupakan antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Sehingga bagi Anda yang mengalami kondisi sakit yang berhubungan dengan peradangan, seperti penyakit kardiovaskular, kanker, radang sendi, dan aterosklerosis, bisa memanfaatkan kunyit untuk meringankan peradangan yang terjadi.

  • Mengurangi gejala dan resiko terkena penyakit maag.

Sudah sejak lama jika kunyit memang terkenal bagus untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti maag. Sehingga ketika maag kambuh, beberapa orang kerap menggunakan bahan alami ini untuk meredakan rasa nyerinya.

  • Meredakan gejala IBS.

IBS (Irritable Bowel Syndrome) merupakan peradangan pada usus besar yang bisa menyebabkan permasalahan pada BAB dalam waktu yang lama. Akibat peradangan ini, usus menjadi lebih sering berkontraksi dan menyebabkan mengalami diare kronis. Peradangan ini juga bisa menyebabkan otot usus jarang mengalami kontraksi sehingga menyebabkan sembelit kronis. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memanfaatkan kunyit untuk mengobati.

  • Mengurangi rasa mual dan perut kembung.

Manfaat lain dari kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi rasa mual dan perut kembung yang terkadang menyerang. Agar kunyit bisa bekerja dengan maksimal, Anda bisa menambahkan lada hitam. Karena piperin dalam lada hitam akan membantu meningkatkan penyerapan kurkumin ke dalam menjadi 20.000 % lebih cepat.

  • Meredakan nyeri haid.

Kunyit juga bisa Anda manfaatkan untuk meredakan nyeri saat sedang haid. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin di dalamnya bisa digunakan sebagai pereda nyeri alami yang mampu melemaskan kontraksi rahim yang menjadi penyebab kram pada perut.

Itu tadi beberapa manfaat kunyit yang perlu Anda ketahui. Sehingga dengan mengetahuinya tentu akan lebih tepat jika memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan tubuh dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan kimia ketika sakit. Dan jika Anda ingin mengonsumsi ramuan kunyit olahan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, maka bisa menggunakan produk herbal dari Herbana. Produk herbal dari Herbana terbuat 100% dari bahan alami, sehingga sangat aman dikonsumsi. Selain itu, produknya diproses dengan standar yang tinggi dan teruji. Tidak sampai disitu saja, produk herbal Herbana juga sudah terdaftar di BPOM RI serta halal. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi menjatuhkan pilihan pada Herbana.