Cara Mengunci Folder di Android Tanpa Aplikasi

Hello Sobat kabar-kabari, kali ini kita akan membahas tentang cara mengunci folder di android tanpa aplikasi. Mungkin kamu sudah pernah mengalami kejadian dimana orang lain dengan mudah mengakses folder pribadi di android kamu. Hal ini tentu sangat mengganggu privasi kita. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Menggunakan Fitur Bawaan Android

Android memiliki fitur bawaan yang dapat memungkinkan kita untuk mengunci folder tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Caranya adalah dengan membuat folder baru di dalam file manager dan memberi nama folder tersebut dengan ” .nomedia ” (tanpa tanda kutip). Setelah itu, pindahkan file yang ingin kamu kunci ke dalam folder tersebut. Folder tersebut tidak akan muncul di dalam galeri atau aplikasi lainnya, sehingga hanya kamu saja yang bisa mengakses file tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Keamanan

Ada beberapa aplikasi keamanan yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu kamu mengunci folder di android. Beberapa aplikasi keamanan tersebut adalah AppLock, Folder Lock, CM Security, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih aplikasi yang paling cocok untuk kamu gunakan.

3. Menggunakan Sandboxing

Sandboxing adalah teknologi yang memungkinkan kamu untuk menjalankan aplikasi di dalam lingkungan terpisah dari sistem operasi. Dengan menggunakan Sandboxing, kamu dapat membuat folder baru dan memindahkan file yang ingin kamu kunci ke dalam folder tersebut. Setelah itu, kamu bisa menjalankan aplikasi keamanan di dalam lingkungan Sandboxing tersebut untuk mengunci folder tersebut.

4. Menggunakan File Manager dengan Fitur Kunci

Beberapa file manager populer seperti ES File Explorer, mempunyai fitur kunci yang memungkinkan kamu untuk mengunci folder dengan mudah. Kamu hanya perlu memilih folder yang ingin kamu kunci, lalu klik tombol kunci dan folder tersebut akan terkunci. Untuk membuka folder tersebut kembali, kamu harus memasukkan password yang telah kamu buat sebelumnya.

5. Menggunakan Folder Locker

Folder Locker adalah salah satu aplikasi keamanan pihak ketiga yang mampu mengunci folder dengan aman dan mudah. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat dan mengunci folder dengan password yang dapat kamu tentukan sendiri. Satu hal yang perlu diingat adalah kamu harus memilih aplikasi yang terpercaya dan sudah banyak digunakan oleh pengguna lain.

6. Menggunakan Kombinasi dari Beberapa Cara

Jika kamu ingin meningkatkan keamanan folder kamu, kamu dapat mencoba mengombinasikan beberapa cara di atas. Misalnya, kamu dapat menggunakan fitur bawaan android untuk membuat folder baru dan memberi nama folder tersebut dengan “.nomedia”. Setelah itu, kamu bisa menjalankan aplikasi keamanan di dalam lingkungan Sandboxing atau menggunakan aplikasi keamanan pihak ketiga untuk mengunci folder tersebut.

7. Menerapkan Password pada File

Jika kamu hanya ingin mengunci beberapa file saja, kamu bisa menerapkan password pada file tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi editor teks dan menambahkan kode password pada awal file. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WinZip atau 7Zip untuk mengenkripsi file dan menambahkan password.

8. Mengaktifkan Fitur Keamanan di Android

Android juga mempunyai fitur keamanan yang dapat membantu kamu melindungi data kamu. Fitur ini adalah enkripsi data, yang memungkinkan kamu untuk mengenkripsi semua data yang tersimpan di dalam ponsel android kamu. Dengan mengaktifkan fitur ini, semua data kamu akan terenkripsi dan hanya kamu saja yang dapat membuka data tersebut.

9. Menghapus Folder Setelah Menggunakannya

Jika kamu hanya memerlukan folder sementara dan tidak ingin menyimpan data selamanya, kamu dapat menghapus folder tersebut setelah kamu menggunakannya. Caranya adalah dengan menggunakan fitur “Recycle Bin” di dalam file manager. Setelah menghapus file tersebut, kamu bisa membersihkan Recycle Bin untuk menghapus file tersebut secara permanen.

10. Menggunakan Cloud Storage

Jika kamu tidak ingin menyimpan data di dalam ponsel android kamu, kamu bisa mencoba menggunakan cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan menggunakan cloud storage, kamu dapat mengunggah dan menyimpan file kamu di dalam server cloud, yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

11. Menggunakan USB OTG

USB OTG adalah teknologi yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan ponsel android kamu ke perangkat USB seperti flashdisk atau harddisk eksternal. Dengan menggunakan USB OTG, kamu dapat menyimpan file kamu di dalam perangkat USB dan mengunci perangkat USB tersebut dengan password.

12. Membuat Akun Pengguna Baru

Jika kamu ingin memberikan akses terbatas kepada pengguna lain yang menggunakan ponsel android kamu, kamu bisa membuat akun pengguna baru. Caranya adalah dengan menggunakan fitur “Multiple Users” di dalam Settings. Dengan membuat akun pengguna baru, kamu dapat membatasi akses pengguna lain ke folder atau aplikasi tertentu.

13. Menggunakan Aplikasi Pengunci Layar

Beberapa aplikasi pengunci layar seperti Smart AppLock, mempunyai fitur pengunci folder yang dapat membantu kamu melindungi folder atau aplikasi tertentu dari akses orang lain. Fitur pengunci layar ini memungkinkan kamu menentukan password atau pola pengunci yang hanya kamu saja yang mengetahuinya.

14. Menggunakan Fitur Biometrik

Jika ponsel android kamu mempunyai fitur biometrik seperti sidik jari atau pemindaian wajah, kamu bisa mencoba menggunakan fitur tersebut untuk mengunci folder kamu. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi keamanan pihak ketiga yang mendukung fitur biometrik, seperti Smart AppLock.

15. Menggunakan Fitur Private Folder

Beberapa ponsel android seperti Samsung Galaxy, mempunyai fitur “Private Folder” yang memungkinkan kamu untuk menyimpan file kamu di dalam folder yang terkunci. Caranya adalah dengan memilih folder yang ingin kamu kunci, lalu klik “Private Folder”. Setelah itu, kamu bisa menentukan password untuk folder tersebut.

16. Menggunakan Aplikasi Pengunci File

Beberapa aplikasi pengunci file seperti Vaulty, mempunyai fitur yang dapat membantu kamu mengunci file kamu dengan password. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyembunyikan file kamu dari orang lain dan hanya kamu saja yang dapat membuka file tersebut.

17. Menggunakan Fitur Enkripsi di Aplikasi Email

Jika kamu sering mengirim email dengan file-file penting, kamu bisa menggunakan fitur enkripsi di aplikasi email kamu. Fitur ini akan mengenkripsi file kamu sehingga hanya orang yang memiliki password dapat membuka file tersebut.

18. Menggunakan Aplikasi Enkripsi Pihak Ketiga

Jika kamu ingin mengenkripsi semua data di dalam ponsel android kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi enkripsi pihak ketiga seperti VeraCrypt atau TrueCrypt. Aplikasi ini akan mengenkripsi semua data yang tersimpan di dalam ponsel android kamu, sehingga hanya kamu saja yang dapat membuka data tersebut.

19. Menggunakan Fitur Keamanan di Aplikasi

Beberapa aplikasi seperti WhatsApp atau Telegram mempunyai fitur keamanan yang dapat membantu kamu melindungi data kamu. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengunci aplikasi atau pesan kamu dengan password atau sidik jari.

20. Berhati-hati dalam Menginstal Aplikasi

Terakhir, kamu harus berhati-hati dalam menginstal aplikasi di ponsel android kamu. Pastikan aplikasi yang kamu instal terpercaya dan tidak mengandung malware yang dapat membahayakan privasi kamu. Jangan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak jelas atau tidak dikenal.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengunci folder di android tanpa aplikasi. Kamu bisa memilih salah satu atau mengombinasikan beberapa cara di atas. Penting untuk diingat bahwa keamanan dan privasi data sangat penting, jadi pastikan kamu selalu melindungi data kamu dengan baik.