Beberapa masyarakat beranggapa minyak kayu putih bisa untuk menyembuhkan jerawat. Benarkah demikian?

Dokter Sarah Rizqia dalam artikel yang tayang di situs Alodokter.com mengatakan sineol pada minyak kayu putih memang bisa bekerja sebagai antibakteri dan antiradang.

Resep Makanan Sehat dari Korea Bibimbap Ala Arumi Bachsin

Dalam penelitian yang dipublikan dalam Journal of Food and Drug Analysis 2013 menyebutkan sineol pada minyak pohon teh ternyata bersifat antibakteri dan efektif membantu menyembuhkan jerawat.

Daun kayu putih atau eucalyptus juga bisa digunakan dalam produk kosmetik (wikipedia)

Sebagai informasi, minyak pohon teh masih satu keluarga dengan kayu putih.

“Pada dasarnya, penggunaan minyak kayu putih aman untuk kulit selama kulit tersebut tidak terluka dan tidak terbuka,” kata Sarah dalam keterangan tertulisnya.

Meskipun begitu, Sarah Rizqia menjelaskan penggunaan minyak kayu putih untuk mengatasi jerawat masih perlu adanya penelitian lanjutan.

Mengatasi Jerawat dengan Makanan

Karena masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai pemanfaatan minyak kayu putih untuk mengatasi jerawat, Anda bisa menggantinya dengan bahan alami lainnya berikut ini.

1. Nasi merah

Jika minyak kayu putih masih meragukan untuk atasi jerawat, berbeda dengan nasi merah. Vitamin B yang dimiliki nasi merah ini dipercaya dapat mengurangi stres kulit dengan membantu kadar hormon dalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya timbul jerawat.

2. Cokelat Hitam

"<yoastmark

Cokelat hitam atau dark chocolate ini ampuh menghilangkan jerawat. Makanan ini mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi timbulnya jerawat, merangsang sel-sel kulit dan membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat.

3. Ikan Salmon

ikan salmon merupakan salah satu sumber vitamin D (Freepik)

Kandungan yang dimiliki ikan salmon dikenal baik untuk kesehatan. Banyak penelitian yang mengatakan makanan yang mengandung protein tinggi sangat membantu untuk meredakan jerawat.

Vitamin D dalam daging salmon memiliki sifat antimikroba yang berfungsi melawan bakteri penyebab munculnya jerawat. Dan juga memiliki sifat antiradang, sama seperti minyak kayu putih yang bisa untuk meredakan gejala jerawat.

4. Pepaya

Buah satu ini tidak hanya untuk memperlancar pencernaan. Tetapi sangat baik untuk menghilangkan bakteri pada kulit wajah sehingga ampuh menghilangkan jerawat. Kandungan vitamin A, C dan potasium bermanfaat untuk membuat kulit lebih cerah, lembut, serta mampu menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam.