Wajah yang berjerawat memang akan mengganggu penampilan indahmu serta menghilangkan mood. Semua perempuan pasti menginginkan kulit wajah yang mulus tanpa gangguan dari jerawat pengganggu. Tentunya, untuk mendapatkan hal itu semua, dibutuhkan perawatan yang tepat.

Anda tidak hanya perlu fokus untuk menghilangkan jerawat saja, tetapi perlu melakukan antisipasi agar dapat mencegah jerawat datang. Inilah yang menjadi kunci penting agar bisa mengucapkan selamat tinggal pada jerawat tanpa takut ia akan kembali lagi.

Lalu, bagaimana agar jerawat tidak ingin kembali lagi? Berikut 6 cara mencegah timbulnya jerawat yang bekerja secara efektif, sejak awal pemakaian.

Membersihkan Wajah secara Rutin

Agar dapat memiliki kulit wajah yang cerah dan bersinar, Anda perlu membersihkan wajah secara rutin setiap harinya. Lakukan sebanyak 2 kali setiap pagi hari sebelum memulai aktivitas dan malam hari setelah menjalani semua rutinitas yang ada.

Menjaga Asupan Makan

Dengan menjaga asupan makanan, hal ini bisa menjadi salah satu cara agar jerawat tidak tumbuh lagi. Makanan pun memang menjadi alasan jerawat dapat timbul dengan mudah. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat sehingga harus Anda kurangi.

Mulailah dengan mengurangi asupan kacang-kacangan, makanan pedas, makanan dan minuman tinggi gula, serta makanan yang terlalu asin karena akan memicu jerawat muncul pada wajah.

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kulit wajah yang terjaga dengan baik kelembapannya akan terlihat lebih cerah, segar, dan tidak kusam. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih lebih dari 8 gelas per hari untuk hasil yang maksimal.

Air putih sendiri dapat digunakan sebagai salah satu cara mencegah timbulnya jerawat karena dapat membantu membersihkan tubuh dari racun.

Menghindari Sentuhan Pada Area Wajah

Cara mencegah jerawat tumbuh pada wajah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari sentuhan pada area wajah, khususnya menggunakan tangan. Hal ini penting untuk dilakukan agar berbagai kotoran tidak semakin menumpuk di dalam pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

Membersihkan Pori-pori Wajah dari Kulit Mati

Walaupun wajah terlihat sudah bersih, namun, seringkali sel-sel kulit mati masih tertinggal. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara mencegah agar jerawat tidak datang lagi dengan benar. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan eksfoliasi setiap seminggu 1x atau maksimal 2x dalam seminggu.

Eksfoliasi sangat dibutuhkan oleh kulit wajah Anda yang berada di iklim tropis dengan udara panas dan lembap sehingga sel kulit mati tidak terangkat hingga bersih.

Menggunakan Produk yang Dapat Mencegah Kulit Berjerawat

Cara mencegah timbulnya jerawat yang terakhir adalah memilih produk dengan bahan alami yang dapat mengurangi risiko timbulnya gangguan pada kulit. Anda bisa memilih produk yang menggunakan kandungan tea tree karena dapat membantu membersihkan kotoran serta minyak hingga ke pori-pori.

Salah satu rangkaian yang bisa Anda pilih yaitu varian Tea Tree dari The Body Shop®. Rangkaian ini terdiri dari pembersih wajah yang lengkap hingga produk sincare sehingga aman digunakan oleh Anda.

Itulah 6 cara mencegah timbulnya jerawat yang perlu Anda lakukan. Anda bisa mendapatkan rangkaian produk tea tree dari The Body Shop® dengan membelinya secara langsung di gerai-gerai resminya atau membelinya secara online hanya di situs resminya juga.