Transfer Valas Sekarang Lebih Mudah dan Aman Menggunakan Digibank By DBS!

Dulu karena keterbatasan teknologi, orang akan menggunakan layanan POS untuk mengirim uang. Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, kini kemudahan semakin dirasakan terutama dalam hal pengiriman uang baik itu mata uang di dalam negeri maupun luar negeri. Valuta asing (valas) merupakan mata uang yang mudah digunakan dan diterima dalam dunia perdagangan internasional, walaupun mata uang asing menjadi tidak sah ketika melakukan transaksi di dalam negeri. Sejauh ini valas yang lebih sering digunakan adalah Dollar Amerika (US$). Lalu bagaimana agar valas dapat digunakan dan dikirimkan? Menggunakan transfer valas (remittance).

Remittance adalah sebuah fitur transfer yang memudahkan nasabah untuk mengirim uang dalam bentuk valas ke luar negeri. Tidak hanya digunakan untuk mengirimkan uang, remittance digunakan sebagai sumber paling utama perdagangan valas di negara berkembang sehingga bisa menjadi devisa negara. Valas memiliki fungsi yang penting baik itu untuk bisnis dan pendidikan. Dalam dunia bisnis, remittance digunakan untuk bisnis skala internasional seperti ekspor dan impor. Sedangkan dalam dunia pendidikan, remittance berfungsi untuk melakukan biaya administrasi pendidikan di luar negeri, baik itu sekolah maupun kuliah di beberapa tempat luar negeri.

Namun remittance tidak dapat dilakukan layaknya melakukan transfer antar bank dalam negeri. Hal ini dikarenakan sistem perbankan Indonesia yang menerapkan sistem yang berbeda untuk layanan tersebut. Kebanyakan bank di luar negeri menggunakan International Bank Account Number (IBAN), sementara di Indonesia menggunakan sistem Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), sehingga akan terjadi penyesuaian dalam proses transfer. Metode SWIFT merupakan sistem yang digunakan pada transfer valas, walaupun jarang tetapi masih ada beberapa negara yang masih menerapkan sistem SWIFT. Mengirim uang dengan sistem SWIFT akan memudahkan dibandingkan dengan sitem lainnya. Nasabah yang akan mengirimkan uang cukup menyediakan nama dan kode bank yang akan digunakan beserta nama dan kode bank yang akan dituju. Nasabah dapat menyebutkan nominal yang akan ditransfer. Ketika transfer valas dilakukan, bank akan memilih beberapa kode preset. Kode ini digunakan untuk memberikan pesan kepada bank penerima mengenai nominal yang akan ditransfer. Setiap nomor SWIFT dapat digunakan diseluruh dunia, karena SWIFT memiliki Badan Usaha Identifier (BEI) yang dapat mengenali semua kode SWIFT di seluruh dunia.

Kabar baiknya, sekarang kamu tidak perlu datang ke kantor cabang untuk melakukan transfer valas. Apalagi sekarang transfer valas dapat dilakukan secara online, karena kamu dapat menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk transfer valas, ada beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan, yaitu:

  • FX Rate juara karena selalu mengikuti perkembangan nilai tukar yang berlaku setiap hari.
  • Nilai FX Rate juara sehingga transaksi menjadi lebih hemat.
  • Gratis biaya remmitance lebih dari 20 negara dengan tujuh mata uang, yaitu USD, AUD, SGD, EUR, HKD, CAD dan GBP.
  • Bisa melakukan pengiriman uang di hari yang sama (same day).
  • Dapat melakukan transaksi dengan aplikasi digibank by DBS dimana saja dan kapan saja, tanpa batas waktu (24/7).

Sebelum melakukan transfer valas pada Aplikasi digibank by DBS, sebaiknya kamu harus memperhatikan ketika transfer valas dengan mata uang lainnya, akan diberlakukan jalur SWIFT dan dikenakan biaya. Beberapa ketentuan berikut sebelum bertransaksi valas dengan Aplikasi digibank by DBS adalah:

  • Jika tidak menyebutkan pihak yang menanggung biaya secara jelas, maka biaya tersebut akan dibebankan kepada pengirim (sender).
  • Bank memiliki kewenangan untuk menambah, mengubah dan memodifikasi sebagian atau seluruh ketentuan mengenai biaya-biaya yang berlaku di Bank DBS, tentunya akan diberi pemberitahuan terlebih dahulu kepada nasabah sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku.
  • Bank akan melakukan konversi dari mata uang Rupiah menjadi mata uang pilihan nasabah sesuai kurs yang berlaku.
  • Nasabah harus memiliki dana dalam rekening Rupiah dengan jumlah yang sesuai untuk melakukan transfer valas agar terbebas dari segala jaminan atau pembebanan maupun sita apapun.
  • Batas transaksi konversi atau pembelian valas terhadap Rupiah yang ditetapkan oleh Bank DBS adalah US$ 25.000 per bulan untuk setiap nasabah. Transaksi ini mencakup keseluruhan transaksi termasuk transfer ke luar negeri yang dilakukan di seluruh channel Bank DBS baik di kantor cabang, Aplikasi digibank by DBS dan cara lainnya.

Apabila terjadi gagal transfer ke luar negeri, kamu tidak perlu khawatir karena Bank akan mengembalikan dana yang sudah diproses ke rekening kamu dengan kurs yang berlaku saat pengembalian dilakukan. Ketidaklengkapan atau kesalahan detail data penerima dan tidak terpenuhinya informasi tambahan yang diperlukan dari pengirim dapat menjadi penyebab gagalnya transfer. Bertransaksi valas menggunakan Aplikasi digibank by DBS akan menguntungkan kamu dimana nilai mata uang (kurs) lebih kompetitif dibandingkan kurs yang tertera di cabang Bank DBS Indonesia. Kamu juga bisa cek Instagram di @digibankid untuk info selengkapnya. Jadi tunggu apalagi, gunakan Aplikasi digibank by DBS untuk kemudahan transaksimu.